UTANG INDONESIA MENGALAMI PENINGKATAN

By | Juni 20, 2019

Mengapa beberapa negara harus mengutang termasuk negara seperti indonesia ? hal ini dikarenakan untuk memenuhi kekurangan dari belanja pemerintah dalam memenuhi keurangan dari belanja tahun anggaran berjalan.

UTANG INDONESIA MENGALAMI PENINGKATAN

Tetapi beberapa negara yang melakukan utang mengalami ketergantungan terhadap utang dan pihak pemberi utang karena sulit dalam melunasi, malahan utang makin bertambah.

Seperti yang terjadi di negara Indonesia, kita melihat setiap tahunnya utang dari pemerintah maupun dari pihak swasta mengalami peningkatan tinggi. Utang luar negeri Indonesia tembus US$ 388,7 Miliar (Rp.5.366 Triliun) pada februari 2019. Jumlah utang ini tercatat tumbuh 8,8 % dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu 2018.

Bank Indonesia melansir sumber utang Indonesia didominasi oleh utang swasta dan BUMN mendominasi hingga US$194,9 miliar (Rp.2.703 Triliun) Sedang sisanya US$ 193,8 miliar (Rp.2.633 Triliun) berasal dari utang pemerintah dan bank sentral.

Utang Indonesia harus dikurangi karena sudah mencapai angka yang sangat tinggi. Pemanfaatan sumber daya alam dan pemaksimalan ekspor harus dilakukan oleh pihak pemerintah dan swasta untuk menopang peningkatan devisa Negara sehingga utang bisa dibayarkan oleh Negara sedikit demi sedikit.


Negara harus keluar dari jeratan utang yang semakin membengkak, karena dampak negatif yang ditimbulkan oleh utang sangat besar. Salah satunya adalah negara pemberi pinjaman mengharapkan ada timbal balik yang diberikan padanya.

Kami sangat mengharapkan agar negara bisa memanfaatkan utang tersebut sebagaimana mestinya sehingga keuntugan bisa diperoleh untuk membayar utang tersebut.

Penulis : Dial

Editor : Yahzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *