SATU-SATUNYA AKSES JALAN MASUK KE WISATA AIR TERJUN TAKAPALA MENGALAMI LONGSOR

By | Juni 14, 2019
Situasi jalanan menuju Wisata Air Terjun Takapala yg terkena longsor (08/06/2019)

Sipakario.com, Gowa – Telah terjadi bencana tanah longsor di jalan masuk Wisata Air Terjun Takapala kelurahan Bontolerung Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa (08/06/2019). Pada saat itu sedang banyak wisatawan yang berkunjung baik wisatawan lokal, regional bahkan ada juga wisatawan luar negeri yang harus was-was dalam melintasi akses jalan masuk yang terkena bencana tersebut.


Longsor tersebut memang sudah terjadi pada tahun sebelumnya. Kemudian pemerintah setempat memperbaiki longsor tersebut dengan memberi kawat besi dan pondasi di dasarnya, sedangkan Daeng Naba yang berprofesi sebagai tukang parkir di wisata Air Terjun Takapala selama beberapa bulan selalu meperbaiki dan membata bekas longsor sebelumnya, akan tetapi jika curah hujan deras selama dalam waktu lama maka longsor kembali terjadi.

Penanganan yang dilakukan atas kerjasama dari pemerintah dan warga setempat hanyalah pencegahan sementara, perbaikan akses jalan masuk ke Wisata Air Terjun Takapala perlu perhatian serius dari pemerintah Kabupaten maupun Provinsi.


Salah satu wisatawan asal bangsa Iran bernama naderkabir sebagai Youtuber yang berkunjung ke Air Terjun Takapala (9 Juni 2019) mengatakan bahwa “saya pikir longsor ini adalah masalah besar untuk orang-orang yang datang kesini dan orang yang tinggal disini karena disini alamnya Indah dan saya pikir pemerintah provinsi segera datang ke tempat ini dan menyelesaikan masalah dengan membuat pagar pengaman sebelum orang-orang datang kembali”.


Longsor yang terjadi ini adalah yang terparah di akses jalan ke Air Terjun Takapala karena di ikuti dengan longsor di atas longsor (longsor bertingkat dua) dan hal ini mengakibatkan kemacetan, terjebaknya mobil wisatawan di Parkiran dan proses rekreasi terganggu.

masyarakat setempat sangat berharap kepada pemerintah agar segera meperbaiki longsor tersebut supaya proses wisatawan kembali aman seperti dulu dan perekonomian warga di sekitar Air Terjun Takapala kembali berjalan kembali karena mengingat andil destinasi wisata ini sangat besar dalam pertumbuhan wisatawan di Kabupaten Gowa dan Provinsi Sulawesi Selatan. Apabila hal ini terus dibiarkan maka perekonomian masyarakat yang bergantung pada Wisata Air Terjun Takapala menjadi berkurang dan wisatawan tidak dapat menikmati keindahan air terjun takapala.

Situasi gotong royong warga setempat memperbaiki akses jalan (08/06/2019)

Sumber Informasi :

  • Muhamad Agus (Warga Bontolerung & Mahasiswa Ilmu Ekonomi Uin Alauddin Makassar)
  • Arthur

One thought on “SATU-SATUNYA AKSES JALAN MASUK KE WISATA AIR TERJUN TAKAPALA MENGALAMI LONGSOR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *