Perlu atau tidak “KELAS SOSIAL” dalam masyarakat

By | Juni 28, 2019

Pengelompokkan dalam suatu masyarakat sudah lama terjadi karena digunakan untuk menganalisa apa saja yang menjadi kebutuhan masyarakat, proses pencarian, evaluasi untuk mencocokkan dan memahami perilaku dalam masyarakat, hal inilah yang menajdi tujuan utama dari keals sosial.

Akan tetapi tentu saja selain ada nilai positifnya, kelas sosial juga memiliki dampak negatif. Kelas sosial ini seolah menjadi sebuah pembatas yang memisahkan masyarakat dari segi ekonomi seperti pendapatan, nilai kekayaan, pekerjaan, dan pendidikan yang akan menyebabkan berbagai masalah nantinya.

Kelas sosial adalah strata atau lapisan yang terjadi di masyarakat, kita bisa melihata bahwa dalam lingkungan masyarakat ada pembeda-bedaan yang berlaku dan diterima oleh masyarakat sebagai hal yang biasa-biasa saja. Seperti di lingkungan kita ada orang kaya, orang biasa saja, dan ada orang miskin. Ketiga kelas ini kemudian hidup berdampingan dalam interaksi sosial.

Macam-macam kelas sosial yang ada dimsayarakat sangatlah beragam, tergantung siapa tokoh yang menemukan jumlah lapisan tersebut. Karl Marx misalnya, dia membagi masyarakat kedalam 2 kelas: yaitu kelas yang menguasai (borjuis) dan kelas yang dikuasai (proletariat). Tetapi kelas dalam masyarakat yang sering kita jumpai terbagi menjadi 3 berdasarkna temuan sejumlah ilmuwan sosail.

  1. Kelas atas, orang-orang yang memiliki kekayaan melimpah, berpengaruh pada masyarakat, penghasilan tinggi, dan pendidikan tinggi.
  2. Kelas menengah, kelas ini masih termasuk dalam golongan mapan tetapi tidak seperti kemapanan yang dimiliki kelas atas tadi.
  3. Kelas bawah, kelas ini didominasi oleh kaum buruh kasar, petani, nelayan, tukang becak yang kehidupan mereka sangatlah pas-pasan karena penghasilan rendah dan pendidikannya rendah pula.

Walaupun kelas sosial ini sudah menjadi sebuah kenyataan yang tidak bisa diindahkan lagi dan harus diterima, tetapi satu hal yang perlu diketahui bahwa kelas yang berkuasa tidak boleh semena-mena terhadap kelas yang kuasai. Konflik kelas menjadi sesuatu yang tidak akan ada matinya, sebab kelas yang dikuasi senantiasa meminta keadilan terhadap kelas yang menguasai.

Ada beberapa golongan yang tidak sepakat dengan adanya kelas sosial dalam lingkungan masyarakat, karena menurut mereka pada hakikatnya manusia itu sama, sebut saja dari golongan anarko. Tetapi sebenarnya kita tetaplah membutuhkan adanya kelas sosial. Dalam agama islam, jika tidak ada kelas sosial maka perihal zakat tidak bisa dilakasanakan. Karena zakat diperuntukkan kepada kaum duafa (miskin), jadi jika semua masyarakat sama maka zakat ini tidak bisa dibagikan.

Hal terpenting dengan kelas sosial ini antara kaum kaya dengan kaum miskin adalah harus terbangun suatu hubungan yang harmonis didalamnya dan saling tolong menolong satu sama lain. Karena biasa kita melihat dalam kehidupan sehari-hari, contohnya di jalan raya, orang kaya yang mengendarai mobil itu terkadang menjadi penguasa jalan raya, sehingga orang miskin yang mengendarai sepeda motor merasa risih dengan pengendara mobil yang seenaknya saja. Contoh lain adalah demonstrasi buruh pabrik karena di PHK sepihak oleh perusaan.

Jadi perlu ada sebuah jembatan yang menghubungkan antara orang kaya dengan orang miskin dalam konteks kelas sosial sehingga melahirkan keadaan yang harmonis dalam sebuah tatanan masyarakat untuk lebih baik kedepannya dan tidak adanya lagi konflik yang berkepanjangan.

Jadi kesimpulannya adalah perbedaan yang mengindikasikan terciptanya kelas sosial dalam masyarakat memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah kemudahan dalam memenuhi kebutuhan, terciptanya pola tindakan positif jika tindakan itu berhubungan dengan kehidupan kolektif dan sesuai norma-norma sosial sehingga mendorong terwujudnya keteraturan sosial. Dampak negatifnya adalah terjadinya pola tindakan negatif karena timbul prasangka buruk, kecemburuan sosial dan munculnya perilaku menyimpang yang menghambat pembaharuan dan mengganggu ketertiban masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *