Nur Afifah Sulaiman Lulusan Terbaik Unhas 2019

By | September 18, 2019

MAKASSAR – Menjadi lulusan terbaik di salah satu perguruan tinggi merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang wisudawan, apalagi di Universitas ternama.


Seperti itulah yang dirasakan oleh Nur Afifah Sulaiman. Gadis kelahiran Bandung, 28 Agustus 1997 dinobatkan sebagai lulusan terbaik di Universitas Hasanuddin (Unhas) yang di ketahui sebagai perguraun tinggi terbaik di Sulawesi Selatan.


Nur Afifah Sulaiman yang merupakan mahasiswi Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas ini menjadi lulusan terbaik pada Kelompok Eksakta dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,80.


Anak dari pasangan Sulaiman Gosalam dan Nur Erawaty ini berhasil menyelesaikan studi selama studi 3 tahun 10 bulan dengan judul skripsi Pola Konsumsi Balita Usia 24-36 Bulan Pasca 1 Tahun Intervensi PMT Anak Wasting di Wilayah Maccini Kota Makassar.


Ifah sapaan akrab Nur Afifah Sulaiman mengungkapkan bahwa ia tak menyangka jika dirinya akan dinobatkan sebagai lulusan terbaik Unhas. Walaupun menurutnya, menjadi lulusan terbaik adalah tergetnya.


“Gak nyangka banget bisa jadi lulusan terbaik. Karena ada banyak juga teman yang lain yang IPKnya bagus. Mungkin karena saya masa kuliahnya lebih cepat dibanding teman yang lain jadi bisa dapat lulusan terbaik dan pastinya bersyukur juga kepada Allah SWT,” ujarnya.


Selain kuliah, anak kedua dari lima (5) bersaudara ini juga aktif di berbagai organisasi kampus. Seperti Forum Mahasiswa Gizi FKM Unhas dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKM Unhas. Namun menurut Ifah hal tersebut bukan penghalang untuk berprestasi.


“Dari manajemen waktunya bagaimana mengelompokkan yang mana penting dan mendesak, yang penting dan tidak mendesak, yang kurang penting dan mendesak dan yang tidak penting dan tidak mendesak,” jelas gadis yang hobi membaca ini.


Selain itu, untuk berprestasi Ifah juga menyebutkan bahwa harus rajin mengerjakan tugas dari dosen, rajin bertanya kepada dosen tentang nilai dan yang paling utama adalah memperbaiki niat.


“Jika lagi down, perbaiki lagi niat awal dalam kuliah itu bagamana semangat menuntut ilmu. Kalau ada mata kuliah yang dirasa ujiannya kurang memuaskan, bertanya ke dosen tentang nilai sebelum nilai dikeluarkan agar tidak mendapatkan nilai yang tidak diinginkan,” kata penyuka mie kering ini.


Namun menurut Ifah yang tak kalah pentingnya juga adalah dukungan dan doa orang. Diketahui kedua orang tua Ifah merupakan dosen Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unhas.


“Dukungan orang tua itu sudah pasti. orang tua yang selalu mendoakan tanpa sepengatahuan kita, karena do’a seseorang akan mudah dikabulkan jika orang yang didoakan tidak tahu bahwa dia didoakan. apalagi ini orang tua yang mendoakan,” ujarnya.


Atas pertasinya tersebut, Nur Afifah Sulaiman mendapat penghargaan dan uang tunai dari pihak kampus. Kini lulusan terbaik Unhas ini berencana akan melanjutkan S2nya di IPB atau Hacettepe University Turkey. 

One thought on “Nur Afifah Sulaiman Lulusan Terbaik Unhas 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *