KISAH KEBERHASILAN PEMBANGUNAN BOTSWANA YANG TERANCAM

By | Juni 11, 2019

Suatu Negara di benua Afrika yaitu Botswana adalah Negara yang memiliki sumber daya alam yang memadai serta sistem kelembagaan yang sangat baik, peningkatan pendapatan nasional yang didorong oleh pertumbuhan ekonomi membuat negara ini bisa bersaing dengan beberapa Negara maju. Bahkan beberapa Negara di afrika menjadikan Botswana sebagai salah satu referensi reformasi pemerintahan dalam membangun kelembagaan pemerintahan dan pemanfaatan sumber daya alamnya dalam mencapai keberhasilan. Akan tetapi, dibalik keberhasilan Negara ini, ternyata menyimpan sebuah kisah pilu yang dalam bagi warganya sekaligus mengancam keberhasilan yang telah dicapai dengan pengorbanan besar. Keberhasilan di botswana menjadi tercancam dikarenakan tingginya akumulasi masyarakat yang terkena penyakit HIV/AIDS dan tingginya pula kesenjangan pendapatan masyarakatnya. Hal inilah yang akan dibahas dalam studi kasus ini.


Botswana adalah negara kecil yang dikelilingi daratan di Afrika sub-sahara dengan pertumbuhan penduduk tinggi dan insiden penyakit yang tinggi pula, jadi keberhasilan Negara ini sejalan dengan insiden penyakit yang dialami masyarakatnya. Keberhasilan Botswana telah dirasakan diberbagai sektor, yaitu; sektor ekonomi, sektor pemerintahan, dan sektor politik. Tetapi sangat miris untuk sektor kesehatan yang sangat mengancam keunggulan komparatif negara ini.


Kita mulai dari keunggulan pada sektor ekonomi, dengan kondisi geografis yang mendukung Negara ini dengan kekayaan mineralnya Botswana mengalami rata-rata pertumbuhan 7% selama periode 25 tahun. Menurut UNDP, pendapatan perkapita Botswana meningkat Sembilan kali lipat dari tahun 1970 ke 2010. Botswana telah beranjak dari salah ssatu Negara termiskin di dunia hingga pendapatan perkapitanya menyamai Malaysia dan Turki. Data diatas menunjukkan keberhasilan Botswana pada pemanfaatan sumber daya alam terhadap kemajuann sektor ekonomi.


Pada sektor pemerintahan, Botswana memiliki tata kelola pemerintahan yang efektif juga memberikan kontribusi; spence commissions berpendapat “Botswana memiliki tradisi perencanaan jangka panjang yang di pandu oleh visi arah perekonomian masa depan.”. Jadi Botswana memiliki RPJP (konteks indonesia) yang sangat bagus dengan visi pembangunan masa depan, walaupun ada pergantian dalam tubuh pemerintahan, program kerja yang telah dicanangkan mampu dilanjutkan dengan visi yang sama oleh pemerintah selanjutnya yang sesuai dengan RPJP. Hal ini menyebabkan pembangunan di Botswana sangatlah sistematis dan konsisten.


Pada sektor politik, Botswana merupakan Negara demokrasi multipartai (banyak partai), walaupun sebenarnya hanya di dominasi oleh satu partai besar saja, yaitu partai demokratik Botswana. Amnesti internasional secara konsisten memberi Botswana peringkat Hak Asasi Manusia tertinggi di Afrika. Pers bebas dijamin, dan tidak ada tahanan politik. Karena tatanan politik yang manusiawi mengakibatkan pengaruh besar ke berbagai sektor. Hadirnya tatanan sosial yang tentram membuat Negara ini semakin kuat.


Pada sektor kesehatan, kita akan menjumpai tingginya tingkat mortalitas akibat AIDS; Negara ini menduduki peringkat kedua tertinggi dalam penularan HIV di dunia. Padahal tanpa AIDS Negara botswana bisa mencapai angka harapan hidup sampai dengan 70 tahun, jauh berbeda dengan negara yang di Afrika. Karena tingkat kesehatan inilah yang menjadi masalah besar di Botswana mengakibatkan pemerintah harus menggelontorkan dana sekitar 6% anggaran belanja pemerintah yang dialokasikan khusus untuk program pencegahan dan pengobatan bagu masyarakat yang terkenan penyakit HIV/AIDS, termasuk pengobatan antiretroviral bagi seluruh warga negara dengan cita-cita angka harapan hidup di sana kini meningkat. Permasalah yang bukan sepele kini dihadapai oleh Negara yang pernah dikatakan sebagai salah satu negara maju. Apa yang dihadapi Botswana menjadi pekerjaan rumah bagi negara lain untuk perbaikan di seluruh sektor tanpa terkecuali, khususnya sektor kesehatan.

4 thoughts on “KISAH KEBERHASILAN PEMBANGUNAN BOTSWANA YANG TERANCAM

  1. RahmatRahmat

    Ap yg mengakibatkan penyakit hiv aids bisa merambah ke mayoritas masyarakat

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *